Video Sejarah Pocari Sweat

Mungkin semua tau Pocari Sweat itu apa, yup Pocari Sweat adalah minuman kesehatan yang berguna sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Asal tahu aja ya, Pocari Sweat diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd di Jepang sana, di Indonesia sendiri Pocari Sweat diproduksi oleh PT. Amerta Indah Otsuka yang tentunya juga merupakan bagian dari Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd.  Pocari Sweat diperkenalkan pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr.

Komposisi Pocari Sweat mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat loh. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, Pocari Sweat dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat. (dikutip dari pocarisweat.co.id)

Pocari Sweat
Penjelasan tentang Pocari Sweat diatas sepertinya semua orang tau, tapi apa ada yang tau sejarahnya Pocari Sweat itu sendiri?
Aku ngga tau nih.. ceritain doooong... 

Oke deh gue ceritain sedikit.. Tau nggak, sebenarnya dalam menentukan rasa Pocari Sweat yang kalian minum kini ngga gampang loh.. Para peneliti perusahaan Otsuka Pharmaceutical membutuhkan waktu penelitian yang panjang untuk menentukan rasa Pocari Sweat. Selain itu ternyata respon masyarakat Jepang waktu awal peluncuran Pocari Sweat sangat buruk. Banyak yang menganggap Pocari Sweat tidak akan laku di pasaran karena rasanya yang aneh, tapi berkat strategi pemasaran yang tepat dan terkesan "nekat" akhirnya Pocari Sweat malah menjadi produk unggulan perusahaan.

Sini deh gue bisikin... "sst.. sejarah Pocari Sweat ada dalam versi videonya loh..." Iya, video sejarah Pocari Sweat bahkan juga sempat dijadikan bahan kuis di twitter @PocariID. Hadiahnya nggak nanggung-nanggung, mulai dari iPod, Blackberry hingga iPad! Kompetisi berhadiah iPod dan Blackberry sudah selesai dan sekarang tinggal lomba menulis blog yang seperti gue buat ini buat menangin iPad (info cek FB Pocari Sweat) Doain gue menang yaa..

Balik lagi ke sejarah Pocari Sweat. Selain telah diunggah ke Youtube, video sejarah Pocari Sweat juga sempat ditayangkan di stasiun televisi nasional dan lokal kita loh.. Tuh, jadi yang nggak punya akses internet di rumah ngga usah takut, kalian bisa nonton video Sejarah Pocari Sweat di TV.

Berikut ini daftar stasiun TV nasional dan lokal yang menayangkan Sejarah Pocari Sweat:

1. Global TV, Sabtu 23 April, pukul 11.30 - 12.00 WIB
2. Khatulistiwa Pontianak, Sabtu 23 April,  pukul 18.30 - 19.00 WIB
3. TV Borobudur Semarang, Sabtu 23 April,  pukul 17.00 – 17.30 WIB
4. Dewata TV Bali, Sabtu 23 April,  pukul 16.00 -  16.30 WITA
5. STV Bandung, Sabtu 23 April, pukul 19.30  - 20.00 WIB
6. BCTV Surabaya, Sabtu 23 April, pukul 10.30 – 11.00 WIB
7. KOMEDI TV Jakarta, Sabtu 23 April, pukul 18.30 - 19.00 WIB

Yaah aku ga tau videonya dan ketinggalan nonton sejarah Pocari di TV nih huhu...

Kelewatan nonton sejarah Pocari Sweat? Jangan khawatir, soalnya gue udah post videonya disini nih. Disini gue juga akan menceritakan jalan cerita dari video tersebut. Buat yang males ngebuffer videonya gue cuma mau bilang kalo videonya keren banget! Jadi so pasti lo bakalan nyesel sampe lebaran kodok kalo ngga liat videonya hehe.. gapapa lah ngebuffer yang penting inti cerita bisa masuk lebih gampang kalo liat videonya. Satu lagi, setelah lihat semua pasti ada hal yang kalian dapat dari video sejarah Pocari ini. Jadi, ayo merapat semuanya! langsung aja cekidot video dan ulasan ceritanya okeh!




Akihiko Otsuka adalah seorang cucu dari pendiri Otsuka group yang saat itu (tahun 1973) masih menjabat sebagai kepala pabrik Tokushima bertekad suatu saat dapat menciptakan produk unggulan perusahaan dengan tangannya sendiri seperti ayahnya, Masahito Otsuka yang sukses membawa perusahaan dengan produk minuman Oronamin C. Rokuro Harima (penanggungjawab pengembangan minuman perusahaan) datang dengan menawarkan ide membuat minuman dari cairan infus berdasarkan pengalamannya di Meksiko waktu mengadakan penelitian. Disana ia pernah melihat seorang dokter yang meminum cairan infus sesaat setelah melakukan operasi. Ide yang ditawarkan Harima unik, namun ditolak Akihiko karena merasa belum saatnya untuk mengembangkan minuman tersebut.
Waaah aku baru tau loh kalo infus ternyata bisa diminum 


Tiga tahun kemudian Akihiko kini telah menjabat sebagai presiden direktur Otsuka Pharmaceutical memanggil Harima bersama Akihisa Takaichi (seorang peneliti muda yang ganteng hehe) untuk membicarakan niat Harima tiga tahun lalu untuk membuat minuman dari cairan infus. Akihiko pun mengatakan sudah saatnya mengembangkan minuman itu karena saat itu kepedulian masyarakat di Jepang terhadap kesehatan makin meningkat dengan maraknya olahraga seperti jogging. Akihiko ingin membuat minuman kesehatan yang enak diminum setelah berkeringat. Setelah konsep produk dan rasa telah disampaikan Akihiko, proyek itu pun dibuat. Harima menyerahkan pengembangan minuman itu kepada Takaichi agar dapat membina peneliti muda tersebut karena ia adalah tonggak perusahaan di masa depan.

Takaichi pun melakukan penelitian terhadap keringat, ia mendatangi sauna dan berjalan-jalan untuk mendapatkan sampel keringatnya untuk diteliti. Setelah komposisi kedua sampel keringat tersebut diteliti dan mendapatkan bahwa keringat itu terdiri dari dua jenis yaitu keringat berkadar garam (ion Natrium) tinggi dan keringat berkadar garam (Ion Natrium) rendah. Nilai konsentrasi ion Natrium dari keringat di sauna jauh lebih tinggi dibandingkan konsentrasi ion Natrium keringat dari jalan-jalan. Karena yang ingin dibuat Akihiko adalah minuman kesehatan untuk menambah kadar air tubuh dalam kehidupan sehari-hari maka Takaichi akhirnya membuat minuman dengan mengikuti komposisi keringat berkadar garam yang rendah. Setelah minuman tersebut dibuat, minuman tersebut dicicipi Harima. Kalian tau apa keputusan Harima? Harima dengan tegas menolak minuman tersebut karena rasanya pahit. Selain mengandung ion Natrium, ternyata keringat juga mengandung ion Magnesium dan ion Kalium. Itulah yang menyebabkan rasa pahit pada keringat.
Aku juga mau ngetes sampel keringat dari hasil mandi air panas ah...  


Takaichi melakukan penelitian panjang untuk menutupi rasa pahit tersebut. Takaichi pun menggunakan pemanis alami untuk menutupi rasa pahit pada minuman itu tapi karena keseimbangan rasa dan manis yang terlalu berlebihan minuman itu ditolak Harima lagi.

Sudah hampir tiga tahun sejak pengembangan minuman dimulai dan Akihiko sudah melakukan ujicoba minuman beberapa kali tapi tetap saja rasa minuman itu belum sesuai. Inilah ide Akihiko yang sangat cemerlang, saat ada karyawan Otsuka yang masuk ke ruangan untuk menguji minuman serbuk instan yang sedang dikembangkannya tiba-tiba Akihiko mempunyai ide untuk mencampur minuman kesehatan tersebut dengan minuman serbuk instan yang dibawa oleh karyawan tadi. Hasilnya, rasa pahit itu hilang dan kini rasanya pas. Ternyata minuman serbuk instan tersebut adalah minuman dengan rasa jeruk.

Jeruk yang mempunyai rasa pahit khas ternyata dapat menutupi rasa pahit yang tidak enak dari minuman kesehatan tersebut. Akhirnya penelitian maju selangkah berkat aksi tak terduga yang dilakukan Akihiko. Takaichi melanjutkan penelitiannya hingga dapat menutupi rasa pahit dalam minuman itu dengan menggunakan buah jeruk yang jenisnya merupakan rahasia perusahaan hingga saat ini dengan kadar konsentrasi gulanya ditekan sampai 6,2%. Minuman itu akhirnya diterima Harima dan Akihiko.
Semangat dan ketekunan Takaichi hebat! Perlu aku tiru nih  
Akihiko mengadakan rapat untuk memperkenalkan produk barunya dengan para direksi Otsuka Pharmaceutical lain tapi mereka malah memberi tanggapan negatif  karena menganggap rasa minuman tersebut aneh dan pasti tidak akan laku dijual, namun karena yakin dengan kepekaan rasa dirinya dan Harima, Akihiko memutuskan untuk tetap meluncurkan produk minuman itu. Minuman itu diberi nama Pocari Sweat, dimana Pocari yang berarti menyegarkan dan Sweat yang berarti keringat dalam bahasa Inggris.



Pada April 1980 Pocari Sweat dipasarkan. Para karyawan marketing mengunjungi toko-toko pengecer agar Pocari Sweat dapat dipajang diberbagai tempat walau hanya satu kaleng. Kepala tim marketing Jiro Tanaka tidak lupa mengunjungi toko langganannya tapi toko tersebut tidak mau memajang Pocari Sweat karena merasa tidak akan laku bila dijual, begitu juga dengan toko-toko lain. Untuk menawarkan Pocari Sweat kepada konsumen secara langsung Pocari Sweat membuka kios di berbagai event dan menjualnya dengan harga murah, tetapi seperti yang sudah dihawatirkan para direksi ternyata reaksi konsumen sangatlah buruk. Mereka tidak suka Pocari Sweat karena rasanya yang tidak biasa.
Huhuhu sedih deh dengernya...
Setelah melakukan konsultasi pada Akihiko sang presiden direktur Otsuka Pharmaceutical ia mengambil keputusan yang mengagetkan, yaitu untuk membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis dalam jumlah yang tak terbatas, tujuannya adalah agar konsep Pocari Sweat dikenal masyarakat, dan diharapkan Pocari Sweat diminum setiap orang dimana saja. Kerugian bagi Akihiko tidaklah penting, karena ia mempunyai keyakinan dan prinsip yang kuat. Ia yakin kalau konsumen sudah mengerti konsep Pocari Sweat asti penjualan akan meningkat.
Wah keputusan Akihiko berani banget! Kalo tetep ga laku gimana dong?


Para staf marketing saling mengajukan ide mengenai tempat yang paling efektif untuk membagikan Pocari Sweat. Karena Pocari Sweat paling enak diminum saat habis beraktifitas dan berkeringat maka para staf marketing Otsuka mulai melakukan operasi pembagian Pocari Sweat secara besar-besaran di tempat-tempat seperti lapangan olahraga, sauna, bahkan kepada orang yang sedang berkeringat di jalan di seluruh Jepang. Pocari Sweat mulai dikenal, tapi karena Pocari Sweat gratis yang dibagikan tidak terbatas perusahaan rugi Rp 400 Milyar. Akihiko tidak menjadikannya suatu masalah. Ia kembali menegaskan kalau yang penting adalah bukan keuntungan sekarang, tapi keuntungan masa depan. Dengan yakin ia memerintahkan untuk membagikan Pocari Sweat secara gratis disepanjang tahun itu.

Ditahun berikutnya Jepang mengalami musim panas dan secara mencengangkan penjualan Pocari Sweat meningkat secara derastis. Keuntungan Pocari Sweat di tahun kedua ini bahkan mencapai tiga kali lipat dari tahun sebelumnya dan mencapai Rp 2,6 Triliyun. Berkat usaha keras, akhirnya Akihiko dapat mewujudkan keinginannya. Pocari Sweat menjadi produk unggulan perusahaan di 16 negara hingga saat ini.
Horeee... kerja keras bermodal keyakinan pasti membuahkan kebehasilan

Kalo mau liat video dalam satu part full liat yang ini aja ya :D


Waaah overall cerita dan videonya keren! aku jadi termotivasi nih 
Gimana udah liat semua? bener kan videonya keren? hehe.. banyak banget hal-hal yang bisa kita ambil dari video sejarah Pocari Sweat tersebut baik dari sisi pengetahuan maupun sisi sifat para pemainnya. Dari sisi pengetahuan seperti air infus yang ternyata bisa diminum, Ion Natrium yang menyebabkan rasa asin, Ion Kalium dan Magnesium yang menyebabkan rasa pahit pada keringat, lalu sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari air dan masih banyak yang lainnya.

Dalam sisi sifat pemainnya contohnya liat aja Takaichi, ia ngga pernah pantang menyerah buat menciptakan rasa Pocari Sweat yang pas. Ia bahkan sudah melakukan percobaan rasa sebanyak 1000 kali. Takaichi memang keren! Lalu keyakinan Akihiko dengan Pocari Sweat membuatnya tidak takut untuk merugi saat Pocari Sweat dibagikan secara gratis, hasilnya? berkat tekad, keyakinan dan langkah yang tepat Pocari Sweat kini menjadi terkenal di 16 negara dan Akihiko bisa mewujudkan keinginannya menciptakan produk unggulan perusahaan yang baru, yaitu Pocari Sweat itu sendiri. Trus kalau dalam sisi pengetahuan tentang Pocari Sweat dari video tadi pasti kamu baru tau kalau Pocari Sweat itu ide awalnya dari si jenius pak Harima yang berkeinginan membuat minuman dari cairan infus kan? Lalu reaksi konsumen pada awal peluncuran Pocari Sweat yang sangat buruk hingga Akihiko berani mengambil keputusan membagikan secara gratis walau rugi 400 milyar rupiah dan pengetahuan baru juga hal positif lain yang ngga mungkin gue jelasin satu-persatu karena banyak bangeeet...

Ada satu hal yang paling gue inget dan menurut gue harus diterapkan dalam kehidupan kita yaitu waktu pak Akihiko bilang "Yang penting adalah bukan keuntungan sekarang, tapi keuntungan masa depan. Kalau sekarang menyebar benihnya, pasti akan berbuah banyak dikemudian hari." Beuh nancep banget kan kata-katanya?

Seperti yang sudah gue bilang tadi kini Pocari Sweat beredar di 16 negara termasuk Indonesia. Promosi yang dilakukan di Indonesia sangat baik dan juga sangat sesuai, seperti saat bulan Ramadhan Pocari Sweat dibagikan secara gratis sebagai minuman pembuka puasa untuk masyarakat Muslim yang berpuasa. Selain itu Pocari Sweat dibagikan secara gratis di rumah sakit saat Indonesia terkena wabah demam berdarah. Pocari Sweat sangat dianjurkan bagi para penderita penyakit demam berdarah karena Pocari Sweat menggantikan cairan tubuh si pasien yang hilang. Berkat promosi yang tepat dan sangat bermanfaat hasilnya kini Pocari Sweat sudah berada di hati masyarakat Indonesia.

Em udah dulu ngomongin Pocari Sweatnya yah, gue jadi dehidrasi nih mau minum Pocari Sweat dulu hehehe... jangan lupa buat follow twitter Pocari Sweat Indonesia di @PocariID dan add Facebook resminya Pocari Sweat Indonesia di http://www.facebook.com/pocariID.
Para Pocarian sekalian, selamat beraktifitas dengan Pocari Sweat dan jangan lupa ambil hikmah dari cerita sejarah Pocari Sweat tadi ya.. Tetap semangat dan pastinya Go Ion!


1 Komentar:

Poskan Komentar

Udah baca tapi ga komen awas ya XP